Laman

Tulisan berjalan

Selamat Datang

Rabu, 04 April 2012

Software Yang Harus Ada Pada Komputer

Software Yang Harus Ada Pada Komputer

Web Browser


Peramban Web

Peramban web (peramban ramatraya, web browser, penjelajah web) adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Peramban web adalah jenis perantara pengguna yang paling sering digunakan. Ramat jembar (wide web) sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai Waring Wera Wanua (world wide web).

Contoh:
Google Chrome


Google Chrome/Chromium (Windows, Mac, Linux)

Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

Anti-Virus

Anti-Virus

Anti-Virus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Anti-Virus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau disimpan).


Avast! (Windows, Linux)

Avast! adalah sebuah program anti-virus yang dikembangkan oleh Alwil Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko. Program ini pertama kali dirilis pada April 1988. Avast! adalah salah satu program-antivirus yang pertama dirilis untuk Windows x64.
Avast!

iAntiVirus


iAntiVirus (Mac)
iAntiVirus adalah perangkat lunak Anti-Virus gratis untuk Apple Macintoshberbasis Intel yang menjalankan Mac OS. Perangkat lunak ini dikembangkan olehPC Tools dan dirilis pada bulan Juni 2008. Perangkat ini dapat digunakan untuk mendeteksi dan menghapus malware, spyware, dan exploits. Dengan menggunakan signature based dan deteksi heuristik.
Defragmentasi

Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan. contoh : 
Defragment

Auslogics Disk Defrag
Auslogics Disk Defrag (Windows)
Program ini dilengkapi dengan tampilan grafis dari proses defragmentasi, sehingga dapat mengawasi tepat apa yang terjadi. Auslogics Disk Defrag secara signifikan lebih cepat daripada Vista built-in Defragmenter.
Maintenance Software
Perangkat Lunak Pemeliharaan Perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan kinerja atau atribut lainnya. Contoh:
Glary Utilities
Glary Utilities (Windows)
Program untuk Microsoft Windows yang dikembangkan oleh Glarysoft Inc. Perangkat lunak ini berisi aplikasi sistem dan utilities untuk memperbaiki, mempercepat, menjaga, dan melindungi komputer pribadi
System Monitor (Linux)
Perangkat lunak ini digunakan untuk melacak sumber daya sistem, seperti penggunaan CPU dan frekuensinya atau jumlah RAM yang bebas. Perangkat ini juga digunakan untuk menampilkan item seperti ruang kosong di satu atau lebih hard drives, suhu CPU, dan komponen penting lainnya, serta informasi jaringan termasuk alamat IP sistem, juga tingkat mengunggah dan mengunduh. Namun juga memungkinkan dapat menampilkan tanggal, waktu, uptime sistem, nama komputer, nama pengguna, data hard drive S. M. A. R. T., kecepatan kipas, dan tegangan yang diberikan oleh power supply.
System Monitor
Spyware Removal
Penghapus Malware/Spyware
Perangkat lunak yang dedikasikan untuk menghapus atau memblokirmalware/spyware. Contoh:
Spybot S & D (Windows) Spybot Search & Destroy (S & D) adalah penghapus spyware dan adware populer yang kompatibel dengan Microsoft Windows 95 dan setelahnya. Perangkat ini memindai hard disk komputer dan/atau RAM untuk mencari perangkat lunak berbahaya.
Spybot S & D
Universal Archiver
Pengarsip Universal/Ekstraktor 
Program komputer yang menggabungkan beberapa berkas bersama-sama ke dalam satu berkas arsip atau serangkaian arsip, untuk mentransformasi dan penyimpanan yang lebih mudah. Banyak berkas archivers yang menggunakan format arsip yang menyediakan kompresi data lossless untuk mengurangi ukuran arsip yang sering berguna untuk mentransfer sejumlah besar berkas indiviu melalui jaringan latensi tinggi seperti Internet. Contoh:
7-Zip (Windows)Arc
7-Zip adalah pengarsip berkas sumber terbuka. 7-Zip menggunakan ekstensi nama berkas.7z, tetapi dapat membaca dan menulis dalam beberapa format lainnya misalnya, rar (hanya membaca), zip, dan tar. 7-Zip dapat digunakan baik melalui antarmuka grafis, baris perintah, maupun integrasi shell Microsoft Windows. 7-Zip pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan masih dikembangkan secara aktif oleh Igor Pavlov.
7-Zip
File Roller
dan lain - lain sebagainya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar